Selasa, 11 November 2008

Instalasi Microsoft Visual Studio 2008

Software atau perangkat lunak merupakan salah satu bagian terpenting pada komputer selain hardware dan brainware. Software dapat disebut sebagai program-program yang dapat digunakan oleh pengguna komputer dalam melakukan pekerjaaannya. Misalkan pengguna ingin membuat sebuah aplikasi, maka pada komputer yang digunakannya harus terpasang software yang dapat membuat aplikasi, seperti Microsoft Visual Studio 2008. Software ini mampu membuat berbagai aplikasi, dari ap-likasi perhitungan sederhana hingga aplikasi perusak komputer (virus).

Sebelum menggunakan Microsoft Visual studio 2008, kita harus lebih dulu memasang programnya. Pertama, kita harus memiliki DVD yang berisi file setup-nya. Lalu klik kiri dua kali pada icon file setup tersebut. Pada jendela Microsoft Visual studio 2008, pilih Install Microsoft Visual studio 2008. Kemudian klik tombol next dan pilih opsi I have read and accept the license terms, lalu klik tombol next. Setelah itu, pilih opsi default pada bagian kiri dari jendela program setup-nya dan klik tombol install sehingga terjadi proses pemasangan programnya. Setelah menunggu beberapa saat, muncul pesan untuk melakukan restart. Pilih saja opsi restart later dan klik finish.

Langkah-kangkah diatas merupakan tahap awal dalam pemasangan program karena setelah proses diatas, program yang ingin kita pasang belum ada pada komputer. Oleh karena itu, lakukan lagi langkah-langkah diatas dari awal. Setelah itu, program Microsoft Visual studio 2008 telah terpasang dengan baik dan siap digunakan.

Untuk membuktikan bahwa programnya telah terpasang, kita dapat melihatnya pada folder program files atau melalui tab start pada taskbar dengan meng-klik bagian all programs, lalu pilih Microsoft Visual studio 2008 dan klik lagi opsi programnya dengan icon seperti lambang tak hingga (). Jika jendela programnya terbuka tanpa peringatan apapun, berarti proses pemasangannya telah benar.

Tidak ada komentar: